Saturday, August 19, 2017

Salah kaprah menghadapi Test TOEP(LOLOS SERDOS)


Sebagai DYS atau peserta sertifikasi Dosen pastinya kita tidak mau gagal. Sebelum mendaftar wajib kunjungi Plti.co.id
Tahun 2017 ini masih menggunakan panduan tahun 2016, oleh karena itu sebagai DYS wajib baca panduan-panduanya.


Kegagalan dalam kelulusan sertifikasi ini di tentukan salah satunya dari TOEP, kecuali bagi yang Jabatan fungsional Lektor dan sudah menempuh dan memiliki sertifikat Pekerti/ applied approach(AA) tidak perlu mengikuti TKDA/ TOEP ini. Untuk meminimalisir kegagalan dalam menempuh Test TOEP, Hal utama yang mungkin kita lakukan yaitu beberapa salah kaprah, sebagai berikut:

1. Tidak tau apa itu Test TOEP

Kita sebagai DYS, hanya asal ikut test, atau hanya berpikiran bahwa ini test bahasa inggris, atau mirip test TOEFL , EAP, ITP ....dll

Kita pasti salah besar bahkan gagal mendapatkan nilai maksimal atau sekurang-kurangnya nilai aman untuk lolos serdos. Untuk yang DYS sudah terbiasa hasil TOEFL nilainya 500 lebih dan nilai tersebut di dapat dari listening dan reading. Sudah pasti anda akan aman, nyaman dan tenang. Kenapa bisa?

Karena TOEP itu Test of English Proficiency yaitu tes kemahiran berbahasa Inggris, yang diselenggarakan dengan sistem online. Tes ini mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris, utamanya kemampuan memahami isi teks lisan dan tertulis, baik yang tersirat maupun yang tersurat.

2. Tidak mempersiapkan bahwa test ini online

Untuk dapat mengikuti tes online ini, peserta harus memiliki keterampilan komunikasi maya, yang terdiri atas: (1) keterampilan dasar mengoperasikan komputer; (2) keterampilan mengakses informasi sesuai dengan prosedur teknis jaringan; dan (3) keterampilan memberikan jawaban terhadap pertanyaan dengan teknik jaringan sesuai dengan perintah. Terkait dengan hal ini, agar mengenali cara kerja tes online ini, para peserta diwajibkan mengikuti paket Tutorial dan mengerjakan Dummy Test (contoh soal) sebelum mengerjakan paket soal.
Kenapa wajib mengikuti tutorial dan dummy test? Karena akan menjadikan anda petunjuk yang jelas dalam mengerjakan keseluruan soal yang disajikan.
3. Tidak mengetahui Bentuk Soal
Paket soal TOEP terdiri atas dua bagian: Listening (50 butir soal) dan Reading (50 butir soal). Bagian tes Listening berlangsung selama 45-50 menit dan Reading selama 60 menit. Jadi keseluruhan waktu tes berkisar 105-110 menit. Tidak ada istirahat atau jeda antara kedua bagian tes tersebut.
Jadi anda wajib mempersiapkan betul agar selama ujian tidak ke kamar mandi atau ijin. selain itu siapkan kartu ujian yang sudah anda print dari web: www.Plti.co.id
Soal-soal Listening hanya disajikan sekali (tidak diulang). Maka ketika peserta telah pindah ke nomor soal berikutnya, kita tidak dapat kembali ke soal sebelumnya. Jadi perbaikan jawaban tidak mungkin dilakukan. Sebaliknya, dalam mengerjakan soal-soal Readingpeserta dapat kembali ke soal-soal sebelumnya dalam waktu yang masih tersedia. Maka, perbaikan jawaban soal yang pernah dikerjakan dapat dilakukan jika dikehendaki.
4. Tidak mengetahui skor/ penilaian test TOEP
Skor masing-masing peserta akan muncul di layar monitor. Skor yang muncul sama dengan jumlah jawaban yang benar; jadi, tidak ada penalti (pengurangan) untuk jawaban yang salah. sebaiknya menjawab 100 soal tersebut, agar mendapatkan nilai maksimal. nilai 0-100.
Persiapan selain empat hal di atas untuk berhasil mendaptkan skor TOEP yang bagus, baca https://rusnandarirc.blogspot.co.id/2017/08/tembussertifikasi-dosenserdos.html  yaitu perlu mempersiapkan selanjutnya yaitu TKDA dan deskripsi diri.  Semangat Menuju Dosen Profesional.
Referensi
https://www.plti.co.id/produk-jasa/toep-teflin

#suksesTOEP
#DosenProfesional
#SertifikasiDosen
#SERDOS2017
@retno_rusnandari

No comments:

Post a Comment

Q&A: Wawancara Kerja

Linknya:  https://www.canva.com/design/DAEPOVQunkE/k4pqjYVS5HiLbzxXPB4XLA/view?utm_content=DAEPOVQunkE&utm_campaign=designshare&utm_...